APLIKASI PEMROGRAMAN VISUAL SEDERHANA DAN SOAL LATIHAN

Lanjutan Aplikasi Pemrograman Visual Sederhana
& Kolaborasi Dalam Masyarakat Digital

Berikut beberapa media/tools yang dapat digunakan untuk dalam belajar pemrograman dan tentunya menarik:

Tynker (Website)

Tynker adalah sistem pembelajaran program online yang dirancang untuk memotivasi siswa/anak dalam menerjemahkan ide-ide kreatif mereka ke dalam permainan, anak-anak akan dilatih cara berpikir dan menuangkan alur cerita. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman visual yang mudah di mana tidak ada sintaks khusus dalam pemrograman selain hanya blok kode untuk digabungkan dengan ketentuan pemrograman.

https://www.tynker.com

Stencyl

Stencyl memungkinkan untuk mengembangkan permainan dengan menggunakan fitur antarmuka drag dan drop dan tidak ada coding diperlukan sama sekali. Jika tidak ingin menggunakan antarmuka blok maka anak anda dapat mengetikkan kode juga. Stencyl memiliki dukungan platform yang luas dan game yang dikembangkan pada Stencyl dapat dimainkan pada Android, iOS, Windows, Mac, dan Linux juga.

http://www.stencyl.com

Hopscotch (Ipad)

Hopscotch terlihat memiliki tampilan yang sama dengan Scratch dan Tynker bahkan menggunakan cara yang sama yaitu klik dan drag Block pilihan kedalam area kerja tetapi hanya dapat digunakan di iPad.

Control dan karakter tidak sama halnya seperti Scratch dan Tynker, tapi Hopscotch adalah sebuah Aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu mengenalkan teknik pemrograman kepada Anak tanpa harus memiliki dasar penulisan kode program, dan tidak harus berpengalaman dalam proses logika maupun pemecahan kasus atau masalah dalam program.

 

Ciri-ciri Media Sosial

  • Terbuka
  • Memiliki Halaman Profil Pengguana
  • Konten dihasilkan oleh pengguna
  • Dapat berinteraksi dengan pengguna lain
  • Memiliki tanda waktu di setiap postingan
Saat ini terdapat ratusan aplikasi media sosial yang ada di internet.
Secara umum aplikasi-aplikasi tersebut dapat dikelompokkan sebagai berikut
1. jejaring Sosial. contoh: facebook, Linkedin
2. Aplikasi berbagi gambar. Contoh: Instagram, Flickr, Pinterest
3. Blogging, contoh: Blogspot, Tumblr
4. Aplikasi Berbagi video, contoh:  Youtube, MeTube, Vimeo

5. Media Kolaborasi, contoh: Wikipedia, Google Drive, Slideshare

Etika Penggunaan Media Sosial

  • Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait etika penggunaan media sosial:
1.Hargai orang lain, selayaknya dunia nyata
2. Apa yang kamu posting/unggah merupakan cerminan diri dan pribadi kamu. Pikirkan segala sesuatunya sebelum kamu posting konten di internet
3. Jangan mengundih konten bajakan di internet, Hargai hak kekayaan intelektual orang lain, yang sudah bersusah payah membuat aplikasi misalnya
4. Jangan melakukan plagiat. Jangan mengambil konten (tulisan,gambar,video ) orang lain seolah-olah sebagai konten/ide milik kita

5. Berpikir kritis. Informasi yang bisa kita dapatkan dari media sosial sangatlah banyak dan update setiap detik, setiap hari, setiap saat. Oleh karena itu kita harus berpikir kritis untuk dapat memfilter mana informsi yang benar dan salah/palsu..

Setelah membaca materi di atas
Jawablah soal Berikut

Soal akan ditutup jam 11.30
Kumpulkan Sebelum Jam 11.30

error: Content is protected !!