Memasukkan data di Sel Lembar Kerja Excel

Memasukkan Data di sel Lembar Kerja Excel

Berikut beberapa tips dan cara memasukkan data di sel lembar kerja Excel agar dapat dilakukan dengan tepat dan akurat. (Materi ini dapat dibaca di buku TIK kelas 8 di halaman 190-194)

Memasukkan Data Angka

Untuk memasukkan data berupa angka-angka dapat dilakukan dengan mengetik angka-angka dari bilangan tersebut. Angka yang diketik akan ditempatkan di sel yang aktif.

Namun, dalam memasukkan data angka di lembar excel, tidak diperkenankan memasukkan angka dengan memberikan tanda titik sebagai pemisah ribuan. Karena excel akan memperlakukan tanda titik sebagai karakater titik biasa, bukan sebagai tanda pemisah. Untuk mendapatkan tampilan angka dengan tanda pemisah ribuan, format dahulu data sebeum dimasukkan.

 

Memasukkan data berupa teks, waktu dan tanggal

Berbeda dengan data yang berupa bilangan yang ditempatkan merapat ke kanan sel, data berupa teks akan ditempatkan merapat ke kiri sel.

Bila data yang dimasukkan berupa data waktu, excel menggunakan tanda titik dua (:) untuk memisahkan jam, menit dan detik. Jika kamu menggunakan sistem waktu 12 jam, kamu harus menambahkan huruf “a” untuk waktu AM dan huruf “p” untuk waktu  PM setelah angka waktu dimasukkan. Data berupa data tanggal, excel menggunakan tanda slash (/) atau hypen (-) untuk memisahkan hari, bulan, tanggal dan tahun. 

 

Memasukkan data yang berurutan

Bila data yang dimasukkan adalah data yang berurut dengan pola tertentu, data tidak perlu dimasukkan satu persatu, tapi kamu hanya perlu memasukkan beberapa data pertama kemudian menyalin data tersebut.

Memasukkan data yang seragam

Bila data yang dimasukkan untuk beberapa sel adalah data yang sama, kamu dapat memasukkan data ke beberapa sel sekaligus. Untuk memasukkan data yang seragam dapat men-drag sel seperti pada pemasukan data berurutan 

Setelah membaca & memahami materi di atas
Jawablah soal Berikut

Tugas Ditutup jam 12.00
Kumpulkan Sebelum Jam 12.00

error: Content is protected !!